Ketua Komisi IV DPRA Desak Pj Gubernur Aceh Segera Alokasi Anggaran Tanggap Darurat untuk Gampong Lhok Pu'uk

Barsela24news.com


Aceh Utara - Ketua Komisi IV DPRA, H. Ismail A. Jalil, SE., MM. (Ayah Wa), mendesak Penjabat (Pj) Gubernur Aceh untuk segera memerintahkan dinas terkait agar memetakan kerusakan di Gampong Lhok Pu'uK, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, yang terdampak oleh hantaman ombak pasang purnama.

Langkah ini dianggap penting agar anggaran tanggap darurat dapat segera direalisasikan oleh Pemerintah Aceh untuk menyelamatkan gampong tersebut, kata Ayah Wa saat wawancara oleh awak media di lokasi bencana Gampong Lhok Pu'uk, Kamis, (19/9).

"Mudah-mudahan pemerintah provinsi Aceh bisa memberikan perhatian serius untuk menyelamatkan Gampong Lhok Pu'uK. Jika kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah kabupaten, mereka tidak akan mampu merelokasi anggaran ini, karena penanganan kerusakan membutuhkan anggaran besar. Oleh sebab itu, kami mendesak Pj Gubernur untuk segera merelokasi anggaran guna membantu Gampong Lhok Pu'uK," ujar Ayah Wa.

Ayah Wa juga mengimbau masyarakat untuk tetap bersabar dan berdoa, karena ini adalah ujian yang harus dihadapi bersama.

Sebelum ke lokasi bencana, Ayah Wa dan rombongan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengungsi di Meunasah Gampong (Surau) di Gampong Lhok Pu'uk dan bantuan tersebut langsung diterima oleh Geuchik Gampong Lhok Pu'uk T. Bakhtiar.

Dalam kunjungannya, Ayah Wa turut didampingi oleh Muspika Kecamatan Seunuddon, anggota DPRK Aceh Utara dari Partai Aceh, Plt. Kadis PUPR Aceh Utara, penggiat sosial, Geuchik Gampong Lhok Pu'uK, serta masyarakat setempat.


Laporan: Alman Falki