Pemerintah Indonesia Resmi Serahkan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mehrtens ke Pemerintah Selandia Baru

Barsela24news.com


Jakarta – Pemerintah Indonesia secara resmi Menyerahkan, Philip Mark Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyerahkan Sdr. Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang dalam hal ini diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru untuk Jakarta, Yang Mulia Bapak Kevin Burnett, dan kepada Sdr. Philip, saya sampaikan selamat berkumpul lagi dengan keluarga,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto pada serah terima Sdr. Philip Mehrtens kepada pihak Selandia Baru di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024) malam.

Menko Polhukam menyampaikan bahwa pembebasan Philip Mehrtens merupakan hasil negosiasi panjang yang mengedepankan pendekatansoft approachdan prinsip-prinsip kemanusiaan. Mengutip dari pernyataan Presiden, pembebasan ini hasil kesabaran Pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan tindakan represif karena keselamatan Sdr. Philip Mehrtens menjadi prioritas utama dalam setiap proses pembebasan ini.

“Untuk itu, ijinkan saya, mewakili Pemerintah Indonesia, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembebasan Sdr. Philip,” kata Menko Hadi.

Para pihak yang terlibat diantaranya TNI-Polri baik yang di lapangan maupun yang berada di pusat; Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Agama yang terlibat dari awal dalam proses pembebasan sandera; Kementerian Luar Negeri RI; Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta atas kerja sama dan dukungan yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia; dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu.


Laporan: Redaksi