Peresmian Smelter Tembaga dan Pemurnian Logam Mulia PT. AMMNT oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB - Peresmian Smelter Tembaga dan Pemurnian Logam Mulia PT. AMMNT oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. bertempat di Smelter PT. AMMNT Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Senin (23/09/24), Pukul 11,40 Wita.

Laporan resmi Presiden Komisaris PT. AMMNT Helmi Ponogoro. Dalam kurun waktu 14 bulan PT. AMMNT telah menyelesaikan proyek pembangunan smelter dan seluruh infrastrukturnya serta menjadi proses penyelesaian tercepat di dunia, tahun ini seluruh proses pertambangan tembaga dapat dilakukan di PT. AMMNT sehingga mampu memberikan manfaat kepada seluruh bangsa dan negara."Ungkap laporan Komisaris PT AMANT.

Penyampaian Menteri ESDM RI Bahlil Lahadalia.
Sesuai perintah Presiden sejak tahun 2021 mewajibkan hilirisasi dan PT. AMMNT merupakan target utama dan telah di tegaskan bahwa proses hilirisasi harus dilaksanakan jika tidak, maka tidak akan diberikan ijin export, Hanya Presiden Jokowi yang berani membangun Smelter dan tidak ada Presiden yang mampu melakukan hal tersebut, smelter ini adalah smelter pertama yang dimiliki oleh pengusaha Nasional bukan dimiliki oleh orang asing serta pihaknya berharap seluruh pengusaha nasional harus mau membangun smelter.


Smelter Tembaga dan Pemurnian Logam Mulia PT. AMMNT mempunyai lapangan pekerjaannya bagi masyarakat dan pendapatan negara juga udah mulai naik harapan kita besok pengusaha-pengusaha nasional ini yang sudah di berikan izin izin tambang bisa membangun Smelter. "pungkasnya.

Sambutan Presiden RI Ir. H. Jokowi Dodo di lanjutkan peresmian Smelter Tembaga dan Pemurnian Logam Mulia PT. AMMNT.
Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya hilirisasi industri sebagai langkah strategis untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri maju yang mandiri dalam mengolah sumber daya alam". ujarnya presiden RI 1.

Smelter Sebagai pemiliki cadangan tembaga 7 besar dunia, Indonesia telah masuk pada proses hilirisasi agar mampu mengolah sumber daya alam sendiri, kebutuhan produk tembaga dunia diharapkan bergantung pada Indonesia dalam hal apapun baik, kabel, over voice dan semuanya.

Jangan hanya mengekspor bahan mentah atau Raw material namun barang yang telah siap apabila penambangan yang dilakukan di Sumbawa Barat mengolah konsentrat 900.000 Ton dengan kapasitas produksi 220.000 Ton, Katoda tembaga 18 Ton ± Emas sebanyak 55 Ton perak dan 850.000 Ton Asam sulfat berharap dengan pengoperasian smelter ini betul-betul bisa memberikan multiplier effect kepada seluruh masyarakat, dengan investasi 21 Triliun Rupiah ini bukan uang yang kecil investasi yang sangat besar dan menggunakan teknologi double flash Cyclone untuk menghasilkan tembaga sebagai produk utama." Tutup presiden RI 1.


Perlu di ketahui juga Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Andri Karsa, S.Sos., M.Han dalam kegiatan Pengamanan RI 1 peresmian Semelter PT AMANT, dalam kegiatan tersebut Dandim 1628 sebagai Dansatgas PAM Rute VVIP. 

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut.
Menteri BUMN RI Erick Thohir. Menteri ESDM RI Bahlil Lahadalia. Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, S.E. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.IP., M.Si. Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol. Hadi Gunawan. Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P. Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Wimoko, S.E., M.S. ADC Presiden Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah. Dokter Pribadi Presiden Kolonel Ckm. dr. Lbrantoyo, SpJP.  
Pj. Gubernur NTB Mayjen (Prn) Hasanuddin. Kabinda Provinsi NTB Amirudin Sag, MH. Kasi Intel Kasrem 162/WB Kolonel Czi Anto Indriyanto, S.Sos M.M. Kasi Ops Kasrem 162/WB Kolonel Kav Suep, S.I.P., M.Sc., AIFOP. Komandan Kodim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Andri Karsa, S.Sos., M.Han. Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol CZI Eko Cahyo Setiawan, S.E.,M.Han. Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap, S.I.K. Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H.W Musyafirin M.M. Presiden Direktur PT. AMMNT Rachmad Makassau. Direktur Teknik Tambang Wudi Rahardjo Habel Septhyan Ouwpoly. Vice President External Relation PT. AMNT Susanto Lim. Para Senior Manager dan Manager PT. AMMNT. Camat Se Kecamatan Maluk Sekongkang. Kades Se Kecamatan Maluk Sekongkang. Para insan pers Sumbawa Barat. Para Toga, Toda dan Tomas Se Kecamatan Maluk Sekongkang 

(Pendim 1628).