Perkuat Ketahanan Pangan, Kodim Abdya Konstan Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur

Zamroni



Abdya- TNI jajaran Kodim 0110/Abdya melalui ujung tombak Babinsa yang tersebar di 152 Desa 9 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) secara konstan terus mendorong warga setempat memproduktifkan lahan tidur menjadi lahan pertanian untuk sumber peningkatan ekonomi.


Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Fajar Setyawan menyebutkan pihaknya bersama dengan dinas terkait dan pemerintahan desa setempat hingga kini terus melakukan inventarisir lahan tidur.


Selain berkoordinasi dengan dinas pertanahan terkait batas hutan lindung, pihaknya juga melakukan pendekatan persuasif kepada warga pemilik lahan tidur agar pro aktif menjadikan lahannya menjadi lahan potensial.


"Alhamdulillah untuk saat ini sudah ada beberapa lahan yang tadinya nganggur kini telah berubah menjadi kebun jagung, cabai dan lainnya," ungkap Plh. Pasiter di Blangpidie, Sabtu (7/9/2024).


Kapten Fajar menyebut hasil olah lahan tidur itu selain bermanfaat meningkatkan ekonomi si pemilik lahan dan warga, juga berimfact pada stabilitas ekonomi daerah yang sejak dua tahun terakhir Abdya berhasil lolos dari resiko inflasi.


"Ketahanan pangan ini besar sekali manfaatnya. Wajar jika program ini masih jadi program prioritas pemerintah. Kita akan terus dukung program ini," singkatnya.**