Pertandingan Cabor Terbang Layang, PON XXI Aceh-Sumut Akan Digelar Besok

Barsela24news.com


Aceh Utara I Pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Terbang Layang pada even Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut tahun 2024 akan dimulai pada Jum'at besok (6/9/24) di venue Bandara Malikussaleh, Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Digelarnya pertandingan terbang layang, akan mewarnai aktivitas di cabor aerosport pada Even Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang sedang berlangsung sejak dibuka akhir bulan lalu, dimana pertandingan tersebut akan di ikuti oleh para kontingen dari 14 provinsi yaitu : Masing-masing atlet yang ikuti Cabor Terbang Layang adalah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Kemudian Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua dan Kalimantan Selatan.

Sebelum berlangsungnya pertandingan, baik para kontingen, panitia, wasit dan pihak yang terlibat, juga perlengkapan pertandingan turut dilakukan peusijuek (Teupung tawar) dan doa bersama terlebih dahulu pada Kamis, 5/9/2024.

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Terbang Layang Letkol Lek Farid Nazmi, ST, MMSc, mengatakan, kegiatan peusijuek dilakukan oleh Tgk H M Yunus dari Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Utara. Sedangkan shalawat dan doa bersama dipimpin oleh Tgk H Ibrahim Mansyari, tokoh Agama dari Kecamatan Samudera.

Acara itu dihadiri oleh seluruh unsur panitia, Technical Delegate cabor terbang layang Prasetyo Herminto, SIP, MAP, para atlet dan official kontingen, tim wasit, para liaison officer, volunteer, worker force maupun tenaga pendukung lainnya.

"Kita sangat atensi dengan local wisdom yang umumnya dilakukan masyarakat Aceh, dimana setiap akan memulai suatu hajatan, baik besar maupun kecil, selalu diawali dengan peusijuek yang dirangkai dengan doa bersama. Nilai-nilai kearifan lokal ini tentu sangat bermakna saat kita lakukan pada agenda besar seperti acara PON ini," kata Farid.

Melalui agenda peusijuek dan doa bersama itu diharapkan dapat mendatangkan kebaikan, kelancaran dan sukses semua agenda pertandingan yang telah direncanakan. Terutama bagi para atlet yang akan bertanding, mudah-mudahan tidak terjadi insiden apapun selama pelaksanaan PON berlangsung.

Cabor aerosport terbang layang akan ini akan mempertandingkan 14 mata lomba untuk putra dan putri. Dengan kata lain, terbang layang memperebutkan 14 medali emas, 14 perak dan 14 perunggu.

"Alhamdulillah, kondisi pembangunan venue saat ini sudah siap untuk memulai pertandingan. Pada uji terbang (test flight) selama empat hari kemarin, semua sukses dan lancar, tidak ada kendala yang berarti selain faktor cuaca," ungkap Farid didampingi Technical Delegate Prasetyo Herminto.

Pada sesi test flight hari terakhir Rabu kemarin, dilaporkan pihaknya memakai 3 unit pesawat penarik dan 26 pesawat glider. Pesawat penarik yang digunakan adalah jenis Husky, Savana, dan Cessna. Sedangkan pesawat glider, masing-masing 15 unit glider schwitzer single dan
11 unit glider scwitzer dual.

"Pelaksanaan latihan bersama semua kontingen dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar," jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas kepemudaan, Olahraga dan Parawisata (Disporapar) Aceh Utara, M. Nasir, S. Sos., M. Si, mengatakan, pembukaan dijadwalkan berlangsung pada pagi Jumat (6/9/04).

“Untuk pembukaan diserahkan kepada pemkab untuk memfasilitasinya, dan kita sedang berkoordinasi dengan panitia cabor,” katanya.

Selain itu, Kadisporapar menyebutkan, pihaknya juga sudah menyiapkan untuk undangan pembukaan kegiatan itu yang akan disampaikan kepada Forkopimda.

"Pemkab Aceh Utara dalam waktu dekat juga akan mengadakan Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan Venue dalam rangka menyemarakkan PON,” pungkas M Nasir. (Alman)