Pj Bupati diwakili Sekda Ardimartha Buka Forum Kemitraan Kesehatan, Fokus Pencapaian UHC di Nagan Raya

Barsela24news.com


Nagan Raya – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ardimartha, secara resmi membuka Forum Komunikasi dan Kemitraan Pengelolaan Kerja Sama Fasilitas Kesehatan dengan Pemangku Kepentingan Kabupaten Nagan Raya Tahun 2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Meulaboh itu berlangsung di Aula Setdakab, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Senin (23/9/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Ardimartha menyampaikan apresiasi atas upaya seluruh pihak dalam mendukung pencapaian program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Nagan Raya.

"Alhamdulillah, pada 8 Agustus 2024 yang lalu, Pemkab Nagan Raya menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Kategori Utama yang diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden RI. Ini semua berkat kerja keras, komitmen, dan sinergi kita bersama," ujar Ardimartha.

Ia menekankan pentingnya forum tersebut sebagai wadah untuk bertukar pendapat, memberikan masukan, dan memahami peran masing-masing. Yang lebih penting, lanjutnya, adalah tindakan nyata pasca forum ini untuk mewujudkan UHC yang komprehensif, baik dari sisi kepesertaan maupun pelayanan kesehatan.

"Diharapkan para pemangku kepentingan dapat memberikan saran, gagasan, serta berdiskusi untuk menyelesaikan berbagai tantangan," tambahnya.

Ardimartha juga menegaskan bahwa pemerintah daerah berkomitmen mendukung keberhasilan implementasi program JKN-KIS, yang merupakan salah satu target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Di akhir sambutannya, Sekda menekankan pentingnya inovasi dan digitalisasi dalam pelayanan kesehatan, agar fasilitas kesehatan di Kabupaten Nagan Raya dapat memberikan pelayanan yang cepat, mudah, dan setara bagi seluruh masyarakat.

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, Apt. Manna mengenai Implementasi Strategi Pencapaian UHC di Kabupaten Nagan Raya.

Sebagai informasi, wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh mencakup 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Turut hadir sejumlah Kepala SKPK terkait, Kepala UPTD Puskesmas Alue Bilie, dan para tim BPJS kesehatan serta undangan lainnya.


Laporan: Sukma Afrizal