Polda NTB Gelar Rakor Linsek Siapkan Pengamanan Even MotoGP 2024

Barsela24news.com


Mataram, NTB - Dengan semakin dekatnya pelaksanaan MotoGP 2024, Pemerintah Provinsi NTB bersama jajaran TNI dan Polri, semakin intensif dalam mempersiapkan segala aspek pendukung acara internasional ini, dengan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek), Kamis (5/9/2024), di Lombok Raya Hotel, Kota Mataram.

Pj. Gubernur NTB Dr. Hasanuddin menegaskan jika persiapan berjalan sesuai rencana, dan komitmen semua pihak sangat kuat untuk memastikan acara ini sukses besar.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi lanjutan terkait kesiapan MotoGP ketiga ini. Semua tim bekerja sama secara terpadu, dan saya senang bahwa persiapan berjalan on the track. Saya juga telah memberikan arahan agar laporan diberikan secara real-time hingga pelaksanaan nanti. Kita tidak boleh ada celah sedikitpun,” ujarnya.

Kapolda NTB Pastikan Keamanan Maksimal
Sementara itu, Kapolda NTB, Irjen Pol. Raden Umar Faroq, S.H., M.Hum. menekankan pentingnya pengamanan yang akan dilakukan sejak kedatangan tamu di Bandara hingga ke lokasi MotoGP. Kapolda NTB menyebut sekitar 3.000 personel keamanan dikerahkan, untuk memastikan keamanan tidak hanya di sirkuit, tapi juga di pintu-pintu masuk Pulau Lombok, seperti Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok.

“Kami telah menyiapkan pengamanan ketat, baik untuk tamu lokal maupun mancanegara. Dari bandara hingga ke lokasi akomodasi akan ada pengawalan. Kami juga menyiapkan pengamanan di pintu-pintu masuk utama ke Lombok, untuk mengantisipasi banyaknya penonton yang akan datang,” jelas Kapolda NTB.

Selain pengamanan, ada juga parade rider yang akan berlangsung pada 25 Oktober, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan para pembalap MotoGP.

TNI Siap Backup Pengamanan MotoGP
Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han., usai rakor yang sama menambahkan jika pihak TNI siap membantu pengamanan, terutama dalam hal evakuasi dan pengaturan situasi jika terjadi eskalasi. Pihaknya juga akan memperkuat pengamanan VVIP, mengingat kemungkinan besar Presiden Jokowi akan hadir menyaksikan ajang balap tersebut.

“Kami akan siapkan 400 personel untuk mendukung pengamanan VVIP dan membantu Polda NTB. Kami berharap pelaksanaan MotoGP ini berjalan lancar, seperti tahun-tahun sebelumnya dan membawa dampak positif bagi ekonomi, sosial dan pariwisata di NTB,” ujar Danrem.

Dengan persiapan matang dari seluruh elemen, NTB siap kembali menjadi tuan rumah yang baik untuk ajang MotoGP 2024, dimana keberhasilan penyelenggaraan ini diharapkan akan memberikan kesan positif bagi semua penonton, baik lokal maupun internasional.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria ucap syukur dan terimaksih kepada semua stakeholder yang turut menyukseskan pelaksanaan event bergengsi di Pertamina Mandalika Iternational Circuit ini.

Priandhi mengatakan, para pihak memang harus turut serta bahu membahu menyukseskan event bergengsi ini, agar terlaksana dengan baik, demi menjaga nama baik negara Indonesia di mata dunia, terlebih NTB sebagai tuan rumah.

“Tentunya para pihak harus bekerjasama, bahu membahu menyukseskan event bergengsi ini, mulai dari persiapannya, hingga pelaksanaannya pada tanggal 27-29 September tahun ini,” kata Priandhi.

“Kami ucap syukur dan terimaksih kepada semua pihak yang secara maksimal terlibat dalam menyukseskan event international ini, mulai dari persiapannya hingga pelaksanaannya nanti,” imbuhnya.

Ia berharapa pelaksanaan MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit nanti, berjalan dengan lancar dan aman seusai harapan, agar Indonesia tetap dipercaya sebagia salah satu negara yang menjadi tuan rumah penyelenggaran balap paling bergengsi di dunai ini.

“Semoga penyelenggraan MotoGP tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” Tutupnya