PON XXI Dihelat, Shalat tetap tak Boleh Lewat

Barsela24news.com

Pelaksanaan Shalat Magrib berjamaah jelang acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, oleh Presiden RI Joko Widodo, di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024). Foto : Ist.

Banda Aceh,- Malam ini, (9/9/2024) Presiden RI Joko Widodo, akan membuka secara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, di Stadion Harapan Bangsa Lhonh Raya.

Sejak pukul 15.00 WIB, ribuan masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya, para Gubernur se-Indonesia, para bupati dan wali kota se-Aceh serta perwakilan kontingen berbondong-bondong bergerak menuju stadion kebanggaan rakyat Aceh itu.

Ini merupakan kali pertama Aceh menjadi tuan rumah event olahraga empat tahunan tersebut. Sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang menerapkan Syariat Islam, maka gelaran Pembukaan PON XXI pun sangat kental dengan budaya Islami.

Dipenuhi penonton sejak pukul 15.00 Wib, maka pembukaan PON XXI melewati tiga waktu Shalat, yaitu Ashar, Maghrib dan Isya.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Akkar Arafat, selaku Ketua Bidang Upacara PON XXI 2024 Aceh-Sumut menjelaskan, pihak panitia telah menyediakan sejumlah tempat di komplek Stadion Harapan Bangsa, untuk dijadikan sebagai tempat Shalat.

“Meski telah memiliki Mushalla, namun tentu saja tidak mampu menampung 14.500 tamu undangan yang memadati SHB. Karena itu, panitia telah menyulap beberapa area tambahan untuk penonton melaksanakan Shalat,” ujar Akkar.

Namun, Akkar mengakui, jumlah tempat Shalat di SHB tidak cukup, karena itu, para penonton SHB menghelar Shalat secara bertahap dan beberapa gelombang.

“Kami mengapresiasi masyarakat, khususnya para penonton yang dapat memaklumi keterbatasan tempat Shalat di SHB. Kami mengajak para penonton, khususnya masyarakat Aceh di SHB untuk menyambut para tamu dengan adab Pemulia Jamee Adat Geutanyoe, selain keramahan, menjaga kebersihan stadion kebanggan kita ini tentu juga salah satu elemen Peumulia Jamee tersebut,” imbau Akkar.

Di salah satu lokasi Shalat, Plh Sekda Aceh Azwardi terlihat berbaur dalam shaf, bersama para penonton untuk melaksanakan Shalat Maghrib berjama’ah. Setelahnya, gelombang jama’ah berikutnya pun melanjutkan.

Pembukaan PON XXI dimulai ba’da Isya. Presiden Joko Widodo tiba di SHB bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba didampingi Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA dan Istri Safriati, Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sesaat setelah Presiden dan rombongan tiba, 14.500 undangan yang hadir memecah malam dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia dengan penuh semangat serta melanjutkannya dengan Hymne Aceh nan khidmad.

Pewarta: Redaksi