Ratusan Personel Polisi, Amankan Pelantikan Anggota DPRK Aceh Selatan

Hartini



Tapaktuan – Ratusan personel Polres Aceh Selatan Polda Aceh diturunkan ke Gedung DPRK Kabupaten Aceh Selatan, untuk melaksanakan pengamanan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Anggota DPRK terpilih Kabupaten Aceh Selatan periode 2024-2029. Senin (02/09/2024).


Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto S.I.K, melalui Kabag Ops AKP Rizal Firmansyah, S.E.,M.Si., selaku koordinator Pengamanan mengatakan, pengamanan tersebut merupakan SOP dan bertujuan menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran selama kegiatan berlangsung.


“Untuk memastikan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRK Kabupaten Aceh Selatan berjalan aman dan lancar, Polres Aceh Selatan melibatkan ratusan personel dengan didukung dari Unsur TNI,Dishub dan Satpol PP,”ujar Rizal.


Lanjut Kabag Ops, Keseluruhan personel pengamanan tersebut, terbagi dalam beberapa unit diantaranya pengamanan di Gedung DPRD, patroli mobile hingga peleton pengandalian massa yang disiagakan di Mapolres yang bisa digerakkan oleh sewaktu-waktu.


"Kami lakukan pengamanan maksimal, tamu undangan kita periksa dengan ketat, ada beberapa titik pengamanan kita siagakan petugas, termasuk dengan memasang peralatan pendeteksi logam (metal detektor) berupa security door (secdoor) dan hand metal detektor yang di siagakan di akses pintu masuk kantor DPRD, patroli sekitaran gedung dan pengaturan arus lalulintas serta Parkir kendaraan untuk memperlancar arus lalulintas,” jelas Kabagops.


Pada kesempatan itu, sebanyak 30 anggota DPRK Kabupaten Aceh Selatan periode 2024-2029, secara resmi sudah dilantik dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin Kepala Pengadilan Negeri Aceh Selatan berjalan dengan khidmat. 


Rapat Paripurna dalam rangka Pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan DPRK Aceh Selatan berjalan Aman, lancar dan kondusif.


"Atas nama Pimpinan dan Ketua DPRK yang baru, saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak banyaknya kepada semua unsur yang terlibat dalam pengamanan,sehingga acara dapat berjalan lancar,aman,tertib dan kondusif," Ungkap Kabag Ops sewaktu mengambil apel Konsilidasi pengamanan.