Respon Cepat Kapolsek Jaya Tangani Pohon Tumbang di Jalan Nasional Banda Aceh - Calang

Barsela24news.com


Calang - Telah terjadi insiden pohon tumbang di Jalan Nasional Banda Aceh - Calang, Km 62, kawasan Gunung Geurutee, Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Insiden ini mengakibatkan sebagian badan jalan tertutup, yang berpotensi mengganggu arus lalu lintas, Jumat, sekira pukul 14.00 WIB.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, melalui Kapolsek Jaya, IPDA Yuniadi, S.E., menjelaskan bahwa setelah menerima laporan dari masyarakat yang melintas di lokasi, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan pengawas jalan. Personel Polsek Jaya yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Yuniadi segera menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan.

"Saat tiba di lokasi, kami langsung melakukan pembersihan dahan pohon yang tumbang menggunakan parang. Untuk menjaga keselamatan, arus lalu lintas kami lakukan sistem buka tutup," jelas Kapolsek Yuniadi. Ia juga menambahkan bahwa tumbangnya pohon tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun kerugian materi.

Sekira pukul 14.50 WIB, situasi terakhir di lokasi menunjukkan bahwa pembersihan telah selesai dilakukan oleh personel Polsek Jaya, dan arus lalu lintas telah kembali normal.

Kapolsek Yuniadi mengingatkan bahwa insiden pohon tumbang di kawasan Gunung Geurutee sering terjadi saat cuaca ekstrem, terutama hujan lebat disertai angin kencang. "Kehadiran Polri sangat penting dalam pengaturan lalu lintas dan pembersihan pohon agar pengguna jalan merasa aman," tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya kewaspadaan bagi pengguna jalan, terutama saat cuaca buruk. Selain pohon tumbang, kawasan tersebut juga rawan longsor, yang dapat berpotensi menimbulkan korban.

Kapolsek Yuniadi berharap adanya perhatian khusus dari pemerintah daerah terhadap lokasi rawan longsor dan pohon tumbang, terutama di Gunung Geurutee. "Penanganan yang cepat dan langsung sangat diperlukan, mengingat ini adalah Jalan Nasional Banda Aceh - Calang," tutupnya.

Dari itu, Kapolsek Jaya mengajak instansi terkait untuk menyediakan rambu-rambu peringatan serta memastikan respon cepat dalam menangani insiden serupa di masa mendatang demi keselamatan pengguna jalan.


Laporan: Redaksi