Selamatkan Lhok Pu'uk Dari Ancaman Banjir Rob, H. Anwar Risyen: Solusinya APBN

Barsela24news.com


Aceh Utara - Pasang Purnama (Banjir Rob) kian mengganas dalam lima terakhir, ikut memporak- porandakan kawasan Gampong Lhok Pu'uK, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara.

Kurangnya perhatian dari pemerintah, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun pusat, untuk mengatasi bencana itu, menjadi keluhan berat bagi masyarakat yang mendiami kawasan tersebut.

Menanggapi permasalahan yang ada, Ketua DPC Partai Gerindra Aceh Utara H. Anwar Risyen, Rabu, 18/9/2024, mengajak pemerintah daerah Kabupaten Aceh Utara maupun Provinsi agar melobi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk menyelamatkan Gampong Lhok Pu'uk, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara dari ancaman kepunahan.

Anwar Risyen, menegaskan bahwa abrasi yang terjadi hari ini telah mencapai bibir jalan kecamatan. Kondisi ini diperburuk oleh pasang purnama, yang menyebabkan kerusakan lebih parah.

“Sampai hari ini belum ada realisasi dari pemerintah untuk menyelamatkan Gampong Lhok Pu'uK,” ujar Anwar.

Ia menekankan, bahwa upaya penanganan abrasi ini membutuhkan anggaran yang besar, yang hanya mungkin terealisasi melalui dana APBN. "Kalau kita harapkan dari APBK dan APBA itu tidak mungkin. APBN adalah solusi satu-satunya," tambahnya.

Ia berharap agar Pejabat (Pj) Bupati Aceh Utara maupun Bupati yang terpilih nantinya dapat turun tangan dan mencari solusi agar dana APBN bisa direalisasikan untuk membangun batu pemecah ombak. “Jika tidak ada tindakan nyata, dalam satu atau dua tahun, Gampong Lhok Pu'uK bisa hilang, tinggal nama,” ungkap Anwar.

Ia juga mengungkapkan, bahwa sebelumnya sudah ada upaya untuk mengatasi abrasi, namun terkendala berbagai hal. "Dulu pernah ada, tetapi mungkin terkendala. Kami berharap ke depan tidak ada lagi hambatan," tambahnya.

Solusi jangka panjang yang diusulkan adalah pembangunan pemecah ombak yang membentang dari Gampong Lhok Pu'uK hingga Kuala Jambo Aye, yang menurutnya dapat mengurangi dampak abrasi secara signifikan. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk media dan tokoh masyarakat, juga dianggap penting untuk memastikan masalah ini mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat.

Dengan kondisi yang semakin memburuk, masyarakat berharap agar langkah-langkah agar segera diambil demi menyelamatkan Gampong Lhok Pu'uK dari ancaman abrasi yang terus berlanjut.

Amatan media, Kondisi Gampong Lhok Pu'uk saat ini, dimana rumah warga yang tinggal di pesisir pantai habis diterjang ombak pasang purnama, dan perahu nelayan pun harus digeser ke badan jalan kecamatan.


Laporan: Alman Falki