TNI dan Warga Blangpidie Bersihkan Sampah di DAS Krueng Beukah

Barsela24news.com


Abdya- Seratusan personel TNI dari Kodim 0110/Abdya bersama warga gotong royong membersihkan tumpukan sampah di bantaran sungai Krueng Beukah, Desa Kuta Tuha Kecamatan Blangpidie, Jumat (27/9/2024).

Aksi bersih-bersih sampah di daerah aliran sungai (DAS) ini juga diikuti oleh komponen Kepolisian, Satpol PP, Tagana, Mahasiswa dan OKP dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Fajar Setyawan mengungkapkan, karya bhakti ini dicetus pihaknya selain dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI, juga sekaligus sebagai wujud kampanye peduli lingkungan.

TNI menghimbau kepada masyarakat di kawasan setempat agar tidak lagi menjadikan bantaran sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Selain dapat mencemari lingkungan juga dapat menyebabkan luapan banjir.

"Kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan. Bila tidak ini akan jadi bom waktu masalah. Banjir, pencemaran lingkungan dan lainnya," kata Kapten Fajar.

Pantauan, dalam karya bhakti tersebut TNI bersama sinergi komponen berhasil mengangkut 5 truk sampah dari DAS Krueng Beukah Kuta Tuha. Sampah ini berupa limbah plastik rumah tangga, pecahan kaca, seng dan limbah anorganik lainnya.

Laporan: Zamroni
Tags