Ini Visi Misi Paslon Bupati Aceh Selatan Pasangan H. Darmansah-Sudirman

Hartini



Aceh Selatan - Paslon Bupati Aceh Selatan H.Darmansah-Sudirman (IDAMAN) menyampaikan Visi Misi dan Program di DPRK Aceh Selatan dengan Visi "ACEH SELATAN MAJU-MANDIRI-ISLAMI-ADIL&MELAYANI) 


Dan Ini Visi Misinya ;


1.Peningkatan pemberdayaan dan pembangunan infaktruktur di bidang pertanian, perkebunan, perikanan yang adil dan merata. 


2.Membangun tempat labuh lambatnya para nelayan sperti kuala ba'u, Sawang, Bakongan, PasieRaja, Damartutong, Sawang Meukek dan Labuhanhaji. 


3.Memberikan insentif modal usaha dan pelatihan kepada pemuda desa agar mandiri secara ekonomi dan berdaya saing. 


4.Membuka lapangan kerja untuk lulusan baru perguruan tinggi dengan menciptakan sentra sentra ekonomi kreatif berbasis potensi desan dan pariwisata. 


5.Meningkatkan perekonomian para korban konflik (KPA) dengan membuka lapangan kerja dan pemberian lahan untuk EKS kompatan sesuai dengan MoU Helsinki. 


6.Penataan lingkungan lestari untuk menjaga sumber air bersih yang merata di seluruh Aceh Selatan. 


7.Menjaga stabilitas harga bahan pokok kebutuhan Masyarakat. 


8.Pengelolaan tambang yang pro rakyat dan menghasilkan (Pendapatan Asli Daerah) PAD. 


9.Meningkatkan pendapatan usaha perbengkalan, Pemuge Ikan, Penjahit, Abang Becak, Sopir Mobil Angkutan dan Profesi Lainnya. 


10.Meningkatkan peran aktif perempuan dalam segala lini pembangunan. 


11.Pelayanan kesehatan yang berkualitas responsif, cepat tanggap dan memihak kepada masyarakat. 


12.Penguatan tata kelola Pemerintah yang Profesional, melayani dan berkeadilan serta mempermudah dan memangkas alur pengurusan Administrasi yang dicentralkan di kantor camat. 


13.Meningkatkan TC bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 


14.Meningkatkan kualitas pemdidikan melalui integrasi pendidikan formal dan Non-Formal serta perhatian khusus untuk anak disabilitas (Anak Cacat). 


15.Membangun perpustakaan khusu kitab dilingkungan Pesantren/Dayah.


16.Membantu para bakti dan honorer untuk mendapatkan hak haknya sebagai syarat diangkat menjadi P3K dan PNS secara layak. 


17.Beasiswa untuk anak yatim, keluarga tidak mampu, aneuk dayah dan mahasiswa yang berprestasi. 


18.Peng panyot (Program Pemberdayaan Gure Gure Bale Semeubet Tradisional dan TPA serta pembangunan mesjid,Dayah dan tempat Pengajian Anak). 


19.Santuan kematian berbasis Asuransi Syariah. 


20.Mengembangkan dan lestarikan nilai nilai budaya dan adat istiadat seperti rapai debus, rebana dan kesenian islami lainnya. 


21.Pembangunan jalan sentra pertanian yang produktif dan menuntaskan pengaspalan jalan desa/kabupaten.


22.Pembangunan pelabuhan internasional untuk ekspor dan impor barang tambang dan cpo (CRUDE PALM OIL). 


23.Respon cepat terhadap bencana alam dan mengatasi persoalan banjir tahunan di beberapan titik di kabupaten aceh selatan, juga membangun kembali infrastruktur yang diterjang banjir di ladang rimba dan sekitarnya dan beberapa ruas jalan nasional yang diakibatkan oleh banjir. 


24.Melakukan penanaman padi serentak dan pemberian pupuk yang cukup kepada petani serta memfungsikan kembali irigasiirigasi yang ada di aceh selatan. mengembalikan lahan sawah yang telah beralih fungsi. berdasarkan data terakhir lahan sawah aktif sekarang hanya tinggal 680 hektar yang sebelumnya 22 ribu hektar. 


25.Pengelolaan perkebunan yang terintegrasi dan memberikan sertifikat kepada masyarakat yang belum memiliki lahan pertanian dan perkebunan.


26.Melanjutkan dan membenahi bangunan bangunan 


27.Membangun daerah dengan kekuatan sendiri dengan pola menjemput dana pusat dan menghapus difisit anggaran di Aceh Selatan. 


28.Menuntaskan pembangunan rumah dhuafa di seluruh Gampong di Kabupaten Aceh Selatan. 


Tertanda

H. DARMANSAH, S.Pd.,M.M

SUDIRMAN NJ (MAMAK SUDIR)

Calon Bupati Aceh Selatan

Periode 2025-2030

Calon Wakil Bupati Aceh Selatan

Periode 2025-2030.