Polres Loteng Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Kenaikan Pangkat Pengabdian

Barsela24news.com


Lombok Tengah, (NTB) - Kepolisian Resor Lombok Tengah menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dirangkaikan dengan Korps Raport Kenaikan Pangkat Pengabdian bagi Personel Polri.

Kegiatan upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres dipimpin langsung Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, SIK, dihadiri seluruh PJU, para Kapolsek Jajaran dan seluruh Personel Polres Lombok Tengah.

Kapolres mengatakan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Nasional setiap tahunnya berdasarkan Surat Keputusan No. 153 Tahun 1967 yang diterbitkan oleh Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

“Untuk tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengandung tema, Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas,” kata AKBP Iwan Hidayat, SIK, Selasa (1/10).

Setiap tahunnya, kata Kapolres peringatan ini dapat dijadikan momentum penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merenungkan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

“Selain itu, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai upaya untuk mengingatkan kita semua tentang makna dan nilai-nilai luhur ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh ideologi paham apapun,” terangnya.

Kapolres menyebut, upacara Hari Kesaktian Pancasila di Polres Lombok Tengah ini merupakan bagian dari upaya untuk memupuk semangat kebangsaan, semangat ini menjadi landasan untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045 yang berdaya saing dan harmonis.

“Dengan dilaksanakannya upacara ini, diharapkan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila semakin tumbuh dan terus menjadi perekat bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan tugas khususnya kepolisian di masa depan,” pungkasnya.

Laporan : Zamroni